English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Blog Ini

Kamis, 16 Desember 2010

SISTEM OPERASI


Windows Server 2003

Windows Server 2003 merupakan sebuah sistem operasi microsoft windows yang dituju untuk pasar server korporat. Nomor versi internalnya adalah microsoft windows NT 5.2 build 3790. Dulunya dikenal dengan .NET Server, Windows .NET Server, atau Whistler Server. Sistem operasi ini merupakan kelanjutan dari sistem windows 2000 Server.
Windows Server 2003 juga mempunyai sejarah dengan nama kode Whistler Server mulai dibuat pada akhir tahun 2000. Tujuannya adalah Microsoft akan membuat platform NET, dengan menyediakan infrastruktur jaringan yang dibentuk dari Windows Server, Windows Workstation. Microsoft berniat untuk mengembangkan dua sistem operasi secara sekaligus (Whistler Server dan Whistler Workstation). Akhirnya, beberapa kali sistem operasi ini ditunda penerbitannya, di karenakan pengembangannya yang ketat dan hanya sistem operasi Whistler Workstation saja yang diturunkan setahun kemudian dengan nama Windows XP, yang ditujukan untuk kalangan konsumen rumahan dan korporat.
Windows Server 2003 mempunyai perbedaan, yakni:
1. Standard Edition
2. Enterprise Edition
3. Datacenter Edition
4. 2003 Web Edition
5.    Windows Small Business Server 2003
Windows Server 2003, ini juga mempunyai standar edisi adalah sebuah versi Windows Server 2003 yang benar-benar "dasar", dengan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh sebuah server untuk melayani klien-kliennya di jaringan.
Windows Server 2003 ini juga mempunyai enterprise edisi adalah sebuah versi Windows Server yang memiliki banyak fitur yang ditawarkan oleh Windows Server 2003 Standard Edition, Enterprise Edition memiliki fitur-fitur berikut
Windows Server 2003 data center edition adalah sebuah edisi dari Windows Server 2003 yang berbeda dari dua versi lainnya yang telah disebutkan. Edisi ini tidak dapat diperoleh secara ritel, dan harus didapatkan sebagai bagian dari kombinasi antara perangkat keras server dari sebuah vendor, semacam Hewlett-Packard atau Dell. Dengan alasan kenapa hal ini diberlakukan untuk menjaga agar sistem dapat berjalan dengan sempurna. Umumnya, sebelum dijual kepada konsumen, Windows ini akan melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap server yang bersangkutan, tujuannya agar uptime sistem yang bersangkutan bertahan 99,999%, sehingga dalam satu tahun hanya 9 jam saja mengalami downtime.
Program-program yang disertakan dalam Windows Server 2003 datacenter edition berfokus pada keandalan sistem operasi.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar